Friday, April 6, 2012

Be Critical, Not Cynical

Sampailah kita di long weekend (lagi). Saya tumbuh besar dan berdomisili di Kota Bandung, Jawa Barat. Sejak dulu sekali, Bandung emang udah jadi kota tujuan bagi para wisatawan asing maupun dalam negeri. Jadi, memang sudah sejak dulu juga, kalau long weekend di Bandung akan banyak muka-muka yang nggak-pasundan-banget *lhah, gue juga engga. haha*

Sekarang udah tahun 2012, tujuh tahun sudah sejak selesai dibangunnya Tol Cipularang. Kita lihat sisi positifnya pembangunan ruas jalan tol yang membantu perjalanan Bandung - Jakarta jadi hanya 2 jam ini. Yang jelas, perjalanan Bandung-Jakarta (atau sebaliknya) menjadi lebih singkat *youdon'tsay*, karena dulu kalau mau menuju Jakarta/Bandung harus lewat Puncak yang memakan waktu 3 jam (bahkan lebih), belum lagi bau kopling dimana-mana. Karena ada si Cipularang inilah, urusan bisnis juga jadi dimudahkan. Bandung Jakarta deket cyin. Apalagi sekarang fasilitas travel menawarkan drop off di pool-pool tertentu yang dekat dengan tujuan konsumennya. 

Di sisi lain, sadarilah bahwa toko dan rumah makan yang ada di sepanjang Bandung-Jakarta (via Puncak) ini banyak yang tutup. Dan yang paling banyak dikeluhkan, adalah: Bandung semakin penuh setiap akhir minggu.

Seharian ini (dan setiap long weekend) maka timeline twitter saya akan penuh dengan keluhan "kendaraan plat B yang memenuhi Bandung". Bukan karena saya pake mobil plat B ya, tapi menurut saya sih sah-sah aja kalo ada (baca: banyak) mobil plat B yang ke Bandung, lha wong dimudahkan jalannya. Harusnya yang dikesalkan itu bukan karena mobilnya-yang-ke-Bandung, tapi karena kok-dibangun-sih-tol-Cipularang? Harusnya kan ada AMDALnya yang memperkirakan kira-kira ledakan kendaraan bakal eksponensial atau engga, atau gimana. Ya kan? Jangan-jangan emang impulsif aja nih dibangun tol ini --- Padahal bikin AMDAL (kalau beneran dijalanin) itu butuh waktu yang lama lho.. bisa sampai 5 tahun.

Tapi toh kita ngerasain juga manfaatnya Tol Cipularang. Yang di Bandung, bisa ikut nyari uang di Ibu kota. Yang di Jakarta, bisa ikut liburan di Kota Kembang. Saling butuh kan? Saling melengkapi dan 'memenuhi' juga.

Satu Indonesia kan? Rasis aja dilarang, apalagi kotais *apeu*.

3 comments:

  1. salah satu alasan percepatan pembangunan cipularang adalah 50 tahun KAA

    ReplyDelete
  2. eh laraaaas aku baru liat blog kamu fufufu aku link ya ♥

    ReplyDelete
  3. Kasha! Thank you seneng banget, aku link balik :) ♥

    ReplyDelete