Wednesday, June 4, 2014

2014

"Kalau kamu engga menulis banyak, mungkin kamu sedang tidak mengalami banyak hal untuk ditulis."

Iya kah?
Saya mau bilang nggak punya waktu, rasanya bohong besar. Sementara buat streaming-an Doraemon aja masih disempetin 2-3 episode :P Oke, saya jujur deh (lagi-lagi) saya lupa untuk menulis di blogspot. Di Tumblr pun kadang lupa. Terus ngapain punya (dua) blog, Ras?

Berhubung ini adalah tulisan pertama saya di tahun 2014, boleh ya saya nulis beberapa hal yang ingin saya raih taun ini. Sebagai pengingat aja.

1. Lulus
Sebagai mahasiswa master dari Wageningen University, tentunya. Setelah 2 tahun, bok... Cepet juga ya. Saya bahkan masih nyimpen tiket pesawat saya waktu terbang ke Belanda di tahun 2012.


In shaa Allah, akhir Agustus 2014 ini saya akan menghadapi sidang akhir. Mohon doanya :)

2. Kerja (mem)bantu kakak
Setelah lulus (aamiin), saya berencana ambil 2 minggu - 1 bulan day off dari rutinitas apapun. Sambil berjalan-jalan dan luntang-lantung mencari jati diri (mongnaon), saya mau membantu kakak saya dalam mengatur sistem manajerial bisnis rumah makan milik Bapak dan Ibu di Jogja. Ini merupakan bisnis yang sudah lama dijalankan dengan untung yang alhamdulillah cukup besar. Tapi kayaknya masih perlu diperhatikan dan dikembangkan lagi. Bukan semata-mata mencari keuntungan, tapi supaya lebih tertata rapi aja. Bapak dan Ibu senang, pegawai tenang :)

3. Kerja di lingkungan luar keluarga
Sekitar 3-4 bulan setelah membantu kakak, inilah yang ingin saya lakukan. Ini yang sudah dipikirkan sejak lama. Nggak mau membantu Kakak lebih lama lagi? Nggak bersyukur padahal udah punya usaha sendiri? Bukan, bukan itu maksudnya. Saya kepingin punya sumber keuangan di luar usaha keluarga. Kebetulan saya juga dianugerahi kemampuan untuk mengambil pekerjaan tersebut. Jadi, kenapa engga?

4. Membuat blog dengan domain sendiri
Ini keinginan sejak sekitar bulan November tahun lalu! Namun dengan keterbatasan pengetahuan tentang bagaimana caranya dan sekedar ih-mau-ah-kok-kayaknya-lucu-sih, akhirnya ini jadi angan belaka. Sekarang motivasinya udah lebih serius (azeg), karena udah mulai pengen serius nulis dan mulai keseringan nulis di buku, jurnal tesis, notes hp, dan sembarang lahan kosong lainnya. Seperti sub-judul blog ini, bahwa menulis selalu mengembalikan saya ke fase waras. Hehe.

5. Eksis
Butir nomer lima ini sebenarnya dibuat sama orang terdekat dan disetujui aja sama saya. Ada keyakinan bahwa suatu hari saya akan menjadi orang yang populer dan dikenal orang banyak. Kemudian satu per satu, teman-teman saya juga mulai berpendapat sama padahal mereka nggak mengenal satu sama lain. Padahal saya juga nggak kebayang, gimana rasanya jadi orang yang dikenal khalayak ramai. Maklum, nggak pernah jadi anggota OSIS, selalu jadi kaum marjinal di sekolah, apalagi di kampus. Syukur-syukur masih ikutan salah satu unit kesenian, hehehehe. Eksis di sini saya artikan sebagai suatu pencapaian bahwa aktifitas saya berhasil membawa pengaruh positif ke lingkungan dan diri saya sendiri. Bahwa ada pihak-pihak penting di balik pencapaian saya, sehingga saya bisa sukses (aamiin) dan in shaa Allah eksis di bidang yang saya tekuni nanti. Eksis teh naon sih... (angger teu ngarti)

Sekian yang bisa saya bagi di tulisan kali ini. Sebenernya tulisan  ini nggak akan ada kalau saya nggak ditodong pertanyaan "Apa 5 hal yang ingin kamu capai tahun ini?" dan harus dijawab langsung saat itu juga. Tegangnya berasa lagi debat capresss tapi alhamdulillah saya bisa jawab. Lebih alhamdulillah lagi sekarang saya jadi lebih berani memutuskan harus ngapain aja supaya kelima hal ini bisa diraih. Yang paling penting, saya jadi tau saya harus nyiapin apa dan mau jadi apa 2015 nanti. Telat? Nggak lah. :P

"Choose a job you love and you'll never work a day in your life"


1 comment:

  1. ras, untuk poin nomer 4, plis jangan ada eungz eungz nya ya. Tong alay :3

    ReplyDelete