Tuesday, January 19, 2016

Review Gedung Pernikahan di Jakarta

Sebenarnya saya udah janji mau melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai kesan dan cerita-cerita saya terhadap tahun 2015. Ternyata ada hal lain yang ingin saya tuliskan sebelum saya lupa: I'm getting married! Menikah adalah salah satu dari tiga goal yang saya harapkan bisa terwujud di tahun 2014. Apa mau dikata, 2 tahun lalu ternyata belum ketemu jodohnya. Hehe. Alhamdulillah saya bersyukur banget waktu akhirnya Mas sapaan untuk calonku mulai tergerak untuk melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih.......... menantang.

Dimulailah kehidupan Bridezilla saat kedua belah pihak keluarga mulai menentukan tanggal ini dan itu. Kalau orang bilang merencanakan pernikahan akan banyak selisih paham, saya setuju! Tapi, hal ini menurut saya sih wajar aja ya karena menikah memang menyatukan lebih dari dua isi kepala. Alhamdulillah untuk konsep dan ritual dalam pernikahan, (keluarga) saya dan (keluarga) Mas nggak banyak berbeda pendapat. PENTING: Tentukan dulu dream wedding kamu seperti apa, kemudian bicarakan dengan pasangan. Tugas masing-masing CPP (Calon pengantin pria) dan CPW (Calon pengantin wanita) untuk mengkomunikasikan ke keluarganya.

Setelah menentukan tanggal, yang pertama harus dilakukan adalah mencari gedung. Kali ini, saya mau mengulas gedung-gedung incaran saya dan Mas. Karena in shaa Allah akan menikah di Jakarta, tentunya gedung yang akan dibahas juga bertempat di Jakarta.
Kenapa hanya 5 gedung yang dibahas? Saya dan Mas sepakat untuk tidak mensurvey lebih dari 5 gedung. Hal ini untuk mengurangi kebingungan dan supaya lebih fokus aja.
Kenapa yang dipilih adalah gedung-gedung seperti di bawah? Semua adalah gedung yang kami suka, pun kedua orang tua kami. Mas, lebih menitikberatkan pada keleluasaan tempat parkir. Sementara saya, sangat memikirkan lokasi venue yang sebaiknya dekat dengan hotel supaya mobilisasi keluarga besar nggak repot. Sekali lagi, gedung yang dipilih memang berdasarkan kebutuhan, keinginan, dan ketersediaan tanggal yang kami inginkan *poin yang terakhirrrrr sangatlah menentukan*.

Berikut nama-nama gedung tersebut:

1. Gedung Kementrian Keuangan Dhanapala - Jakarta Pusat
PLUS
  • Gedungnya luas. Bisa menampung hingga 2000 orang. Kalau ternyata jumlah tamu yang diinginkan mencapai 3000, jangan khawatir karena Dhanapala punya 'sayap' gedung yang bisa dibuka sehingga mengurangi kepadatan dan suasana sesak.
  • Tempat parkirnya luas. Mas hatinya senang banget waktu survey Dhanapala. Gimanapun, ketersediaan parkir sangat menentukan, lho. Waktu itu Mas pernah dateng ke nikahan temen dan udah muter 3x tetep aja nggak dapet parkir, yaudah deh kami memutuskan buat cabut. Udah lemes duluan badannya :')
  • Marketingnya baik. Sigap sih, meski saklek banget nggak bisa ditawar-tawar. Apa saya yang kurang jago ya? :P
  • Catering rekanannya bagus-bagus. Saya, mama, dan Ibu, sudah seiya-sekata soal catering yg akan dipilih. Ternyata catering pilihan kami (sebut saja Catering A-Z :P) ada di dalam daftar rekanan catering Gedung Dhanapala.
  • Interior gedung sudah bagus. Full karpet, ada chandelier-nya. Dindingnya juga classy. Ini penting! Gedung yang sudah bagus biasanya bisa mengurangi pengeluaran dekorasi (keep in mind, dekorasi habisnya bisa 80-100juta. Pusing pala berbik kan)
  • Gedung sudah lengkap dengan fasilitas 4 kamar rias, toilet, musholla, pantry yang luas.
     MINUS
  • Lokasinya di Jakarta Pusat. Ini subjektif ya. Saya lebih sering main di kawasan Jakarta Selatan, jadi lebih suka sama daerah JakSel. Kalau menurut Mas, justru ini faktor PLUS karena lokasinya yang dekat dengan stasiun. Hmmmm bener juga sih.
  • Pilihan hotel yang kurang oke di sekitar gedung. Sekali lagi, ini juga subjektif ya. Keluarga besarku akan datang dari Jogja-Solo dan tentunya saya ingin memberikan kenyamanan untuk mereka. Ada 3 hotel di sekitar gedung: Hotel Oasis Amir - Ibu nggak cocok sama hotel ini, Hotel Lumire - sudah disurvey dan sepertinya termasuk hotel lama yang lumayan tidak terurus ya kalau dilihat penampakannya dari luar. Kedua hotel tadi, ketika dilihat reviewnya di booking.com, Agoda, pegipegi dll juga menunjukkan kualitas yg biasa aja bahkan cenderung mengecewakan. Hotel Borobudur - gak masuk budget :')
 Sebagai info tambahan, untuk menggunakan dekor non rekanan dikenakan biaya tambahan dan biaya jaminan (lupa angkanya), sementara untuk menggunakan fotografer non rekanan dikenakan biaya tambahan 4 juta rupiah.
 
2. Gedung Madira Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah - Jakarta Timur
Untuk gedung ini, saya dan Mas belum sempet survey sama sekali. Kami sudah patah arang duluan saat menelpon dan dikonfirmasi bahwa gedung Madira sudah penuh sampai akhir tahun 2016. Gedung ini sempat kamu lirik meski kapasitasnya hanya 1200-an orang, namun desain gedung yang "njawani" banget bikin saya termehek-mehek.

3. Puri Ardhya Garini
Nasibnya sama dengan Madira Sasana Kriya TMII. Puri Ardhya Garini sudah full-booked bahkan sampai pertengahan tahun 2017. Untuk weekend ya. Saya dan Mas pernah beberapa kali menghadiri pernikahan di gedung ini dan memang sih, sebenarnya Puri Ardhya Garini ini suasana di dalamnya lumayan oke, namun Mas kurang suka dengan lokasinya yang di Cawang. Ya Mas? *sodorin mic ke Mas*

4. Birawa Hall Bidakara - Jakarta Selatan
Ini adalah gedung pilihan aku dan Ibu sejak awal diputuskan tanggalnya. Selidik punya selidik, ada beberapa hal yang masih menjadi ganjalan antara aku dan mas:
PLUS
  • Lokasi di Jakarta Selatan. Siapa sih yang nggak pernah datang ke pernikahan di Bidakara? Ya, ada aja sih tapi kan sebagian besar Jakartans minimal sudah pernah lewat gedung ini.
  • Gedung sudah sepaket dengan catering dan hotel. Bayangkaaaan begitu indahnya dunia ini jika ketiga vendor tersebut bisa dipegang oleh satu pihak yang sama. Bahagianyaaa hidup inii *pijet2 kepala* Penginapan yang dekat dengan venue juga akan sangat memudahkan anggota keluarga besar (terutama yang sepuh) untuk datang ke acara pernikahan. Jumlah vendor yang sedikit juga meminimalisasi komunikasi dengan banyaknya orang.
  • Marketingnya baik banget. Pelayanannya sama banget kayak banquet hotel (yaelah emang banquet hotel kali Ras...) jadi sangat profesional dan ramah. Helpful banget :)
  • Birawa Hall memiliki kapasitas yang lebih besar daripada Binakarna Hall.

MINUS
  • Ada dua Hall di dalam Bidakara: Binakarna dan Birawa. Dalam hal ini, Mas khawatir tamu akan salah masuk Hall. Hmmm. Iya, bisa.
  • Tidak bisa memilih catering. Harus pakai catering Hotel. Di satu sisi, enak sih praktis. Di sisi lain, sedih juga ya nggak bisa punya pilihan catering. Katanya sih, dulu-dulu sempet boleh pakai catering luar untuk pernikahan di Bidakara. Sejak tahun 2016 ini sudah sama sekali nggak boleh.
  • Parkirnya susah. Mas sangat concern sama hal ini. Mungkin karena seringkali Mas yang nyetir dan muter-muter nyari parkir kalau kami mau kondangan :')

5. Panti Prajurit Balai Sudirman - Jakarta Selatan
Opsi gedung kelima ini muncul karena..... yaudahlah biar genap aja jadi 5 gedung. Sebenarnya, Ibu sudah sangat tidak setuju dengan pemakaian gedung ini, begitupun Mas. Parkirnya mbleber-mbleber ke jalan raya. Nggak mau kan disumpahin orang gara-gara bikin macet jalanan Jakarta (yang udah macet).


At the end of the day, pemilihan tanggal pernikahan memang akan sangat bergantung pada ketersediaan gedung. Dulu saya nggak percaya sama hal ini, sekarang saya percaya. Hehe. Tanggal pernikahan saya terpaksa bergeser satu minggu dari tanggal yang sudah ditentukan. Persaingan mencari gedung di Jakarta memang super kerasss. Semoga tulisan ini cukup membantu dalam memberikan pertimbangan. Good luck ya buat para Bridezilla! ;)

14 comments:

  1. waaaaahhh,, semoga lancar ya laras!! :)
    saya lupa gedungnya yang nyamain tanggal ato tanggalnya yang maksain ke gedung.. haha
    tapi yang pasti gedung nya maksain ke budget. hihihihi :)

    ReplyDelete
  2. Gak jadi ambil GBK ras?

    kan mau ada avril lavigne~~~

    ReplyDelete
  3. Hi Capeng,

    Lagi galau mikirin pernikahan ya, don't worry. Kami dri INETTHA CATERING & WEDDING SERVICES hadir utk membantu capeng semua.
    Paket kami :
    * mulai dr 40jtan (ALL IN)
    * gubug mulai dr 10rbuan/porsi
    * dan byk bonus menarik lainnya.
    Tunggu apalagi segera hubungi kami.
    Psstt...kalo mau buat acara dirumah harga bisa lbh murah loh 😉
    CP :
    NETTA 083878872988/08891408412 (whatsapp)
    IG @inetthawedding
    www.inetthawedding.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Gedung PPSDM bagus,sebagian berkarpet jd terlihat mewah.. kami parahita catering pernah ada beberapa event disana.. charge tdk terlalu tinggi..
    Kami bisa Bantu untuk event di PPSDM www.parahitacatering.com
    CP : 08128395609 (wa)
    Instagram : @parahitacatering

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Hallo...

    Bagi yg mencari jasa catering untuk acara pernikahan atau acara resmi lain nya, kini Eva bun group menyediakan jasa catering lhoooo.

    Harga terjangkau dan soal rasa di jamin nendaaang d lidah .

    Untuk acara yg mau d selenggarakan , kami juga bisa membantu untuk mereferensikan gedung yg oke punya di Jakarta..

    Untuk info selanjutnya bisa hubungi saya di WA..
    Cp: 0822-7676-6106 (yuzar)

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  7. Hallo...

    Bagi yg mencari jasa catering untuk acara pernikahan atau acara resmi lain nya, kini Eva bun group menyediakan jasa catering lhoooo.

    Harga terjangkau dan soal rasa di jamin nendaaang d lidah .

    Untuk acara yg mau d selenggarakan , kami juga bisa membantu untuk mereferensikan gedung yg oke punya di Jakarta..

    Untuk info selanjutnya bisa hubungi saya di WA..
    Cp: 0822-7676-6106 (yuzar)

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  8. Sampurasun Akang Teteh Calon Pengantin Bandung :)

    Ada kabar gembira nih untuk akang & teteh calon pengantin yang ingin menikah di Balai Sartika Convention Hall!!
    Kini Balai Sartika sudah FULL KARPET & FULL AC!! daaaan.... Balai Sartika mempunyai all in wedding package yang akan sangat membantu para calon pengantin mempersiapkan hari pernikahan.

    Kenapa harus menikah di Balai Sartika?
    1. Akses jalan tol mudah
    2. Kapasitas gedung sampai 1500 tamu undangan
    3. Full Karpet dengan design yang modern (feels like hotel)
    4. Full AC (AC Central, 2 Standing AC pelaminan, 6 Standing AC)
    5. Terdapat 350 kursi di balkon
    6. Terdapat 4 ruang rias Full AC, dua diantaranya full karpet khusus calon pengantin dan keluarga
    7. Terdapat 2 lampu kristal
    8. Design gedung yang modern
    9. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    10. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    11. Lucky Dip & Grand Prize
    12. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    13. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin

    Gimana? Oke kan untuk hari spesial akang & teteh?
    untuk informasi lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Wedding consultant (a/n Qonita)
    whatsapp : 087889588933
    office : 022 - 73517149

    atau bisa langsung datang ke :
    HIS Balai Sartika Wedding Venue & Organizer
    Gedung Bikasoga lt.1
    Jl. Suryalaya Indah no.1-3, Cijagra, Lengkong, Buah Batu. Bandung.

    ReplyDelete
  9. Paket Pernikahan di PATRA JASA YUDISTIRA BALLROOM
    (Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 32-34 Jakarta Selatan):

    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard

    FREE HONEYMOON 4D3N di MALDIVES+FLIGHT / IPHONE 7+ / Logam Mulia 20gr (tanpa diundi) & masih banyak lagii

    Segera hubungi marketing HIS Wedding Patra Jasa : 087784646736 (Isna)

    ReplyDelete
  10. Make your dreams wedding come true at HIS PATRA JASA (New Concept) . Get “Cashback up to 40jt NOW!!! dengan hanya booking fee 5jt kamu udah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh! Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng gak usah ribet untuk urusin semuanya sendiri. For more detail info: 081218066818 Visca

    ReplyDelete
  11. dear capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung HIS GRAHA ELNUSA hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -DEKORASI
    -RIAS & BUSANA
    -PHOTO&VIDEO
    -PROMO CASHBACK!!
    -etc..

    luxury place with affordable price
    hub. marketing his 081319797403 (VISKA)

    ReplyDelete
  12. Paket Pernikahan di Patra Jasa (Jl. Jend. Gatot Subroto. Kav 32-34, Jakarta Selatan):
    - Fasilitas Gedung,
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang,
    - Mobil Pengantin Alphard (FREE HONEYMOON 3D2N di Bali & masih banyak lagii)
    Segera hubungi marketing HIS Wedding Patra Jasa: 081316692759 (fitria)

    ReplyDelete
  13. Make your dreams wedding come true at HIS PATRA JASA (New Concept) . Get “Cashback up to 40jt NOW!!! dengan hanya booking fee 5jt kamu udah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh! Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng gak usah ribet untuk urusin semuanya sendiri. For more detail info: 081218066818 Visca

    ReplyDelete
  14. Make your dreams wedding come true at HIS PATRA JASA (New Concept) . Get “Cashback up to 40jt NOW!!! dengan hanya booking fee 5jt kamu udah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh! Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng gak usah ribet untuk urusin semuanya sendiri. For more detail info: 081218066818 Visca

    ReplyDelete